oleh

Wajah Ternate Dari Masa ke Masa

Ternate,Databerita- Kota Ternate menjadi salah satu kota di Maluku Utara yang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Saat ini Ternate menjadi urat nadi perekonomian Maluku Utara dan menjadi satu-satunya kota jasa dan perdagangan banyak orang yang mengantungkan hidup. Jumlah penduduk kota ini telah mencapai 300 ribu jiwa. Berikut ini perubahan Kota Ternate dari waktu ke waktu yang dirangku databerita.id.

Kedaton Kesultanan Ternate

Kedaton Kesultanan Ternate sebelumnya merupakan tempat tinggal sultan Ternate dan keluarganya. Bangunan ini kini telah dialihfungsikan menjadi sebuah museum untuk tempat wisata. Bangunan ini berbentuk segi delapan yang menyerupai seekor singa duduk dengan dua kaki depannya.
Ada banyak koleksi sejarah di kedaton Ternate peninggalan sultan-sutan Ternate sebelumnya misanya mahkota, singgasana berwarna emas, alat-alat perang, peralatan upacara adat serta Al-Qur’an tulisan tangan. Ada juga mahkota yang memiliki rambut yang terus tumbuh.Letak kedaton Ternate berada di Bukit Limau, Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Sao Sio, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara.
Dalam kurun waktu seratus tahun bangunan kedaton Kesultanan Ternate telah mengalami banyak perubahan. Kini Kedaton Tidore terlihat lebih rapi dan indah tampa terlihat mengalami bentuk perubahan pada model bangunan.

Mesjid Kesultanan Ternate

Masjid Kesultan Ternate adalah bangunan bersejarah yang terletak di kawasan Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Soa Sio, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate. Masjid ini dibangun pada abad 14 dan merupakan bukti menjadi bukti penyembaran agama islam di nusantara. Sejak dibangun, masjid ini sudah beberapa kali mengalami pemugaran dan saat ini bisa menampung lebih dari 200 jamaah. Kini bangunan masjid terlihat lebih bersih dan Indah dengan corak warna yang lebih cerah.

Pasar Gamalama Ternate

Pasar Gamalama Ternate merupakan pasar rakyat terbesar pertama di Maluku Utara dan telah menjadi pusat perekonomian Maluku Utara sejak tahun 1950. Pasar ini terletak tepat di pusat Kota Ternate yang tak jauh dari Kedaton kesultanan Ternate. Kini pasar gamalama telah dirubuhkan dan dibangun kembali menjadi pasar rakyat modern.

Wajah Permukiman Kota

Perubahan yang paling mencolok dari Kota Ternate adalah wajah pemukiman kota. Dalam kurun waktu 10 terakhir, pemukiman Ternate terlihat lebih padat dengan tingkat bangunan yang lebih banyak. Dari kejauhan nyaris tak terlihat lahan kosong di pinggir pantai.  

BUDI NURGIANTO

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed