oleh

Gempa 6,3 SR Guncang Jailolo

DATABERITA,TERNATE- Gempa berkekuatan 6,3 Skala Richter mengguncang Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara, Minggu 24 Maret 2019.

Dalam siaran perss Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, gempa terjadi pada pukul 13:37:34 waktu Indonesia Timur dengan pusat gempa berada di laut 139 kilometer Barat Laut Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara, tepatnya berada pada 1.68 lintang Utara dan 126.37 Bujur Timur. Gempa terjadi dikedalaman 10 kilometer dan dirasakan di Ternate. Jailolo, dan Manado.  Gempa tidak berpotensi Tsunami.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika pernah mencatat dalam sebulan di Januari 2019, Maluku Utara sedikitnya sudah 25 kali digoncang gempa bumi dengan kekuatan 4-5 skala richter.

Baca Juga : Sebulan Maluku Utara Digoncang 25 Kali Gempa

Data yang diterima databerita.id, gempa bumi terbesar pada bulan Januari 2019 di Maluku Utara terjadi tanggal 05 dan 16 dengan kekuatan 5,4 skala ricter. Bahkan dalam sehari Maluku Utara pernah digoncang empat kali gempa dengan kekuatan 4 skala richter. Rata-rata pusat gempa berada di laut Halmahera.

Penulis : Sudirman
Editor : Budi Nurgianto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed