oleh

Kunjungan Wisatawan Rendah, Tingkat Hunian Kamar di Maluku Utara Menurun

TERNATE,DATABERITA– Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara ke Maluku Utara dalam dua tahun terakhir tercatat makin rendah. Akibatnya tingkat hunian kamar hotel mengalami penurunan cukup segnifikan.

Dalam siaran pers Badan Pusat Statistik Maluku Utara memperlihatkan,  hingga Agustus 2018 kunjungan wistawan mancanegara yang mengunjungi Maluku Utara hanya mencapai 66 orang atau turun dari bulan sebelumnya yang mencapai 135 orang. Sementara kunjungan wisatawan local hingga Agustus 2018  tercatat hanya 23.846 orang atau turun dari bulan sebelumnya yang mencapai 28.718 orang.

Misfarudin, Kepala Badan Pusat Statistik Maluku Utara mengatakan, penurunan kunjungan wisatawan di Maluku Utara umumnya akan berdampak pada turun tingkat penghunian kamar hotel.

Pada Maret 2019 saja tingkat penghunian kamar. hotal saja baru mencapai rata-rata 26,06 persen atau mengalami penurunan dari bulan sebelumnya sebesar 0,93 poin  bila dibandingkan tingkat penghinian kamar pada bulan februari 2019 sebesar 27,64 persen.

“Rata-rata lama menginap wisatawan mancanegara dan lokal hanya 1,6 hari. Setelah itu mereka pulang. Itu artinya banyak wisatawan yang datang di Maluku Utara tidak berlama lama,”ujar Misfarudin.

Burhan Abdurahman, Wali Kota Ternate mengatakan, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Ternate, Maluku Utara, pihaknya akan semakin gencar mengggelar berbagai event untuk promosi wisata. Bahkan ditahun 2019, Kota Ternate akan mengelar beberapa event nasional seperti Creative Cities Festival (ICCF).

“Dan kami berharap beberapa event nasional yang digelar di Kota Ternate akan meningkatkan kunjungan wisatawann dan memberikan dampak ekonomi untuk daerah,’kata Burhan usai melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kota Ternate ke-20.

Penulis ; Sudirman
Editor   : Budi Nurgianto


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed