oleh

Wajah Anggota DPRD Kota Tidore Terpilih

TIDORE, DATABERITA- Komisi Pemilihan Umum Kota Tidore Kepulauan  selesai mengelar rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu 2019 Kamis 2 Mei 2019.

Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara tersebut, partai PDI Perjuangan menjadi partai yang memperoleh suara terbanyak yaitu 19.893. Partai ini unggul di seluruh daerah pemilihan di Kota Tidore Kepulauan dan bahkan mendapatkan delapan kursi dari 25 kursi yang diperebutkan.

Sementara partai Nasdem menjadi pemenang kedua dengan perolehan suara 5.725. Partai besutan Surya Paloh, bos salah satu stasiun TV Nasional ini bahkan memperoleh tiga kursi merata disemua daerah pemilihan. Untuk posisi ketiga diambil partai PAN yang memperoleh suara 4.903 suara. Partai ini juga mendapatkan 3 kursi yang merata disemua daerah pemilihan.

Berikut ini prediksi 25 anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan periode 2019-2024 berdasarkan hasil rekap perolehan suara.

Daerah Pemilihan Kota Tidore I

Pada daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Tidore dan Tidore Timur ada delapan kursi yang diperebutkan. Dan dari 14 partai yang bertarung hanya tujuh partai yang diprediksi mendapatkan kursi yaitu PDIP dua kursi, Nasdem, Hanura, Demokrat, Golkar, PAN dan PKB masing masih mendapatkan satu kursi. PDI Perjuangan menjadi partai dengan perolehan suara terbanyak yaitu 4.738 suara disusul Partai NasDem 1.802, Hanura 1.571, Partai Demokrat 1.566, Partai Golkar 1.445, PAN 1369, dan PKB 1087. Adapun untuk calon terpilih adalah 1. Abdurahman Arsad (PDIP), Mochtar Djumati (NasDem), Ahmad Laiman (PDIP), Riri Aisyah Do Taher (Hanura), Ridwan Moh. Yamin (Demokrat), Elvri Conoras (Golkar), Ratna Namsa (PAN), dan Murad Polisiri (PKB)

Daerah Pemilihan Kota Tidore II

Daerah Pemilihan II yang meliputi kecamatan Oba Tengah, Oba Selatan, Oba Utara dan Oba menjadi daerah pemilihan dengan jumlah kursi terbanyak. Daerah pemilihan ini memperebutkan 10 kursi dan dari 14 partai yang bertarung hanya 9 partai yang mendapatkan kursi yaitu PDI Perjuangan 3 kursi dengan perolehan suara  7.589 suara, NasDem satu kursi (2.316 suara), Golkar satu kursi (1.810 suara), PKS  satu kursi (1.797 suara), PAN satu kursi (1.731 suara), PKB satu kursi (1.587 suara), Perindo satu kursi (1.564 suara) dan Demokrat 1 kursi (1.452 suara). Sementara untuk calon terpilih  yaitu Husain Ibrahim, Ahmad Ishak, Marwan Suwardi (PDIP), Safrisal Lasidji (NasDem), Naser Rabo (Golkar), Fahrizal Amirudin Do Muhammad (PKS), Abdul Kadir Hamzah (PAN), Muhammad Hi. Fatah (PKB), Adelan Hamir (Perindo), Wahab Samad (Demokrat).

Daerah Pemilihan Kota Tidore III

Daerah Pemilihan III yang meliputi kecamatan Tidore Selatan dan Utara merupakan dapil dengan kursi paling sedikit. Daerah pemilihan ini hanya memperebutkan tujuh kursi, dan dari 14 partai yang bertarung hanya 5 partai yang memperoleh kursi. Lagi-lagi PDI Perjuangan menjadi partai peraih kursi terbanyak yaitu tiga kursi dengan perolahan suara 7.566 suara.  Partai PAN (1.803), PKB (1.729), NasDem (1.607) PKS (1.308) masing-masing mendapatkan satu kursi. Adapun calon yang diprediksi peraih kursi adalah Ahmad Zen, Husen Bin Syeh Abubakar, Abd. Djalal Radjabessy (PDIP), Umar Ismail (PAN), Asma Ismail (PKB), Malik Muhammad (NasDem), dan Mahmud Muhammad (PKS)

Menurut Abdulah Dahlan Kenoras, salah satu komisioner KPU Kota Tidore Kepulauan, rapat pleno rekapitulasi perolehan suara yang dilakukan KPU Kota Tidore selesai dilakukan pada Kamis 2 Mei 2019 pukul 16.00 WIT. Rapat pleno dibuka rabu 1 mei 2019 dan berakhir Kamis 2 Mei 2019 dan berjalan lancar, sukses dan damai, tanpa keberatan sedikitpun dari peserta rapat pleno baik saksi partai politik, pasangan capres atau cawapres dan saksi calon DPD maupun Bawaslu.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan atas partisipasinya dalam Pemilu 2019. Semoga hasil rekapitulasi ini mendapat keberkahan,”kata Abdulah.

Penulis : Sudirman I Budi Nurgianto

Ralat : Pada artikel diatas terjadi kesalahan penulisan nama Abdulah Dahlan Kenoras. Seharusnya yang benar adalah Abdulah Dahlan Konoras. Kami mohon maaf pada pihak yang bekepentingan atas kesalahan tersebut. Terima kasih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed