oleh

Pantai Rua Ternate Jadi Lokasi Pemantauan Hilal

TERNATE,DATABERITA– Kementerian Agama akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk menetapkan awal bulan Ramadan pada sore ini. Di Kota Ternate pemantauan hilal akan mengambil lokasi pantai Rua, Kecamatan Ternate Pulau.

Adam Marus, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ternate mengatakan, dalam pemantauan hilal pihaknya akan melibatkan beberapa pihak seperti Pengadilan Agama, BMKG, MUI  dan juga organisasi serta LSM Islam. Hasil pengamatan akan langsung disampaikan ke pusat untuk jadikan bahan keputusan dalam sidang isbat penentuan awal Ramadhan 2019.

“ Mudah-mudahan kondisi cuaca di Ternate baik sehingga kita semua bisa melihat hilal”kata Adam kepada wartawan, Minggu 5 Mei 2019.

Menurut Adam, berdasarkan keputusan Kementerian agama Republik Indonesia pemantauan hilal untuk menentukan awal ramadhan tahun ini akan dilakukan 80 lokasi di 33 Provinsi. Di Maluku Utara, lokasi pemantauan hilal akan dipusatkan di pantai pantai Rua, Kecamatan Ternate Pulau, Kota Ternate.  Subdit Hisab Rukyat dan Syariah Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag bahkan akan menempatkan petugasnya di lokasi pemantauan tersebut.

“Persiapannya sudah kami siapakan. Rencananya pemantauan hilal di Ternate akan mulai pada pukul 16.00 hingga menjelang magrib. Petugas kami juga sudah dilokasi,”ujar Adam.

Penulis            : Zulfikar
Editor               : Budi Nurgianto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed