oleh

Prabowo-Sandi Unggul di Maluku Utara, Berikut Tiga Fakta Menarik

TERNATE,DATABERITA- Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul dalam perolehan suara pemilihan presiden 2019 di wilayah Provinsi Maluku Utara.

Berdasarkan data hasil pleno rekapitulasi KPU Provinsi Maluku Utara, Jumat 10 Mei 2019 yang diperoleh databerita.id, pasangan Prabowo-Sandi menang di lima daerah dari 10 kabupaten kota di Maluku Utara seperti Halmahera Selatan, Ternate, Sula, dan Taliabu. Bahkan pasangan ini  unggul telak di basis PDI Perjuangan Kota Tidore Kepulauan.

Sementara pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul di Kabupaten Halmahera Utara, Morotai, Halmahara Barat, Halmahera Timur dan Halmahera Tengah.

Prabowo-Sandi menang dengan perolehan sebesar 343.016 atau 51,60 persen dan unggul tipis dari pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dengan perolehan suara 305.389 atau 48.40 persen.

1. Mesin Kepala Daerah Tidak Berpengaruh

Sebelumnya minggu 03 Februari 2019 di Rumah Aspirasi, Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, sepuluh kepala daerah di Maluku Utara seperti Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim, Bupati Halmahera Barat Danny Missy, Bupati Halmahera Utara Frans Manery, Bupati Pulau Morotai Benny Laos, dan Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus mendeklarasikan diri mendukung pasang calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Mereka menargetkan memperoleh suara untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin  sebesar 60 persen.  

Namun dalam prosesnya pasangan calon presiden Prabowo-Sandi justru unggul dalam perolehan suara untuk wilayah Maluku Utara. Prabowo bahkan unggul telak di Kabupaten Sula yang juga wilayah Ketua Tim Kampaye Daerah Jokowi-Ma’ruf.

2. Prabowo-Sandi Menang di Kandang PDI Perjuangan

Kemenangan mengejutkan pasangan Prabowo-Sandi di Maluku Utara, adalah kemenangan di Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan yang merupakan basis atau kandang PDI Perjuangan. Pasangan Prabowo Sandi unggul telak dari pasangan calon presiden dan Wakil Presiden nomor urut satu Jokowi-Ma’ruf di wilayah tersebut.

Kekalahan Jokowi di Tidore yang merupakan wilayah Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku Utara ini adalah kekalahan kali kedua. Sebelumnya  pada pemilu 2014, Jokowi juga mengalami kekalahaan dari Prabowo di dua wilayah itu.

3. Prabowo Selalu Menang di Tidore, Ternate, Sula dan  Halmahera Selatan

Dalam dua kali pelaksanaan pemilu, Prabowo selalu unggul di empat wilayah di Maluku Utara seperti Kota Ternate, Tidore, Halmahera Selatan dan Kabupaten Sula.

Pada pemilu 2014 pasangan Prabowo-Hatta unggul dengan perolehan 306.792 (54 persen) suara dari pasangan Jokow-Kalla yang memperoleh suara 256.601 (46 persen). Prabowo unggul di enam dari sembilan kabupaten dan kota di Maluku Utara, sedangkan Jokowi-Jusuf Kalla hanya unggul di tiga kabupaten seperti Halmahera Utara, Halmahera Barat dan Halmahera Tengah.

Sementara pada pemilu 2019 pasangan Prabowo-Sandi menang di lima daerah dari 10 kabupaten kota di Maluku Utara seperti Halmahera Selatan, Ternate, Sula, dan Taliabu. Bahkan pasangan ini  unggul telak di basis PDI Perjuangan Kota Tidore Kepulauan.

Penulis : Sudirman I Budi Nurgianto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed