oleh

Peta Suara Empat Anggota DPD Terpilih Dari Maluku Utara

TERNATE,DATABERITA- Tiga dari empat calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan Maluku Utara diprediksi akan diisi wajah baru.

Berdasarkan hasil penetapan rekaputulasi suara pemilu 2019 ditingkat Provinsi, empat calon anggota DPD RI daerah pemilihan Maluku Utara terpilih adalah Sultan Tidore, Husain Alting Sjah, Mantan Bupati Halmahera Barat Namto Hui Roba, anggota DPD dari Papua Barat, Chaidir Jafar, dan  Suryati Armaiyn, istri mantan Gubernur Maluku Utara dua periode. Keempat calon tersebut dipastikan lolos melenggang ke senayan setelah dinyatakan sebagai peraih suara terbanyak dipemilihan calon DPD RI daerah pemilihan Maluku Utara.

Berikut ini adalah peta penyebaran suara empat calon anggota DPD RI terpilih daerah pemiihan Maluku Utara.

1. Sultan Tidore Husain Alting Sjah

Husain Alting Sjah dipastikan menjadi peraih suara terbanyak dalam perebutan kursi DPD RI daerah pemilihan Maluku Utara. Husein yang  pertama kali mencalonkan diri sebagai calon anggota DPD ini meraup suara 140.361 atau jauh dari pesaingnya.

Ada empat daerah penyumbang suara untuk Sultan Tidore pada pemilihan calon anggota DPD RI ini yakni Kota Ternate (49.539), Tidore Kepulauan (33.356), Kabupaten Halmahera Selatan (14.820) dan Halmahera Timur (10.649). Tak hanya itu Sultan Tidore bahkan nyaris memperoleh suara secara merata dienam kabupaten lainnya di Maluku Utara.

Menurut Husain Alting Sjah, kemenangan dalam pemilihan calon DPD RI ini adalah merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.  Pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi pada rakyat Maluku Utara yang telah menyalurkan hak politiknya pada pesta demokrasi Pemilu 2019.

“Saya atas nama pribadi, maupun keluarga menyampaikan ucapan terima kasih. Ini adalah amanah yang harus saya dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,”kata Husain kepada wartawan beberapa waktu lalu.

2. Namto Hui Roba

Mantan Bupati Halmahera Barat dua periode ini melenggang ke senayan setelah dipastikan menjadi peraih suara terbanyak kedua. Berdasarkan hasil pleno penetapan rekaputulasi suara pemilu 2019 di tingkat provinsi Maluku Utara, Namto memperoleh 44.610 suara.

Ada empat daerah yang menjadi penyumbang suara untuk Namto pada pemilihan DPD RI daerah Maluku Utara yaitu kabupaten Halmahera Barat (20.534), Morotai (6.705), Halmahera Utara (5.391) dan Halmahera Selatan (4.035). Dua dari empat daerah tersebut dikenal sebagai lumbung suara Namto pada pemilihan Gubernur lima tahun lalu. Dua daerah itu adalah Halmahera Barat dan Morotai. Namto hanya memperoleh suara tak maksimal di Kabupaten Taliabu (618) dan Sula (638).

3. Chaidir Jafar

Anggota DPD daerah Papua Barat ini dipastikan lolos ke senanyan setelah menjadi peraih suara terbanyak ketiga pada pemilihan anggota DPD RI  daerah pemilihan Maluku Utara. Berdasarkan hasil pleno penetapan rekaputulasi suara pemilu 2019 di tingkat provinsi Maluku Utara, Chaidir memperoleh 42.158 suara. Ada tiga daerah yang menjadi penyumbang suara terbanyak untuk putra asli Halmahera Tengah ini pada pemilihan DPD RI daerah Maluku Utara yaitu kabupaten Halmahera Tengah (13.092), Halmahera Timur (6.480), dan Halmahera Selatan (7.042).

4. Suryati Armaiyn

Istri mantan gubernur Maluku Utara dua periode Thaib Armayn ini dipastikan kembali melenggang ke senayan setelah menjadi pemenang keempat pada pemiihan calon anggota DPD RI Daerah Pemillihan Maluku Utara. Berdasarkan hasil pleno rekaputulasi suara pemilu 2019 di tingkat provinsi Maluku Utara, Suryati memperoleh suara  40.998 atau unggul tipis dari pesainginya yang juga anggota DPD Maluku Utara Matheus Stefi Pasimanjeku.

Pada pemilihan kali ini ada tiga daerah yang menjadi penyumbang suara untuk Suryati yaitu Kota Ternate (8.560), Halmahera Selatan (9.414) dan Halmahera Utara (6.657).

Penulis : Sudirman I Budi Nurgianto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed