oleh

Tidore Layak Kota Rempah-Rempah Dunia

TERNATE,DATABERITA- Pemerintah Tidore Kepulauan, Maluku Utara meminta Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan untuk bisa mendaftarkan Tidore sebagai kota rempah-rempah dunia. Langkah ini penting dilakukan mengingat Portugal telah berupaya mendaftarkan expedisi laut (circumnavigation) Magellan-Elcano ke UNESCO.

Ali Ibrahim, Wali Kota Tidore Kepulauan mengatakan, jika UNESCO menerima usulan Portugal soal expedisi laut (circumnavigation) Magellan-Elcano menjadi expedisi bersejarah, maka kepulauan rempah-rempah seperti Tidore akan memiliki nilai strategis di mata dunia. Karena itu Indonesia perlu memastikan adanya recognition atau pengakuan terkait Tidore sebagai tujuan utama dari ekspedisi laut tersebut.

“Kami minta ini bisa menjadi perhatian serius Pemerintah Pusat. Apalagi kita semua tahu sejarah circumnavigation telah membuktikan peran strategis Kepulauan Maluku termasuk Tidore sebagai sumber rempah-rempah,”kata Ali kepada Databerita, Senin 15 Juli 2019.

Menurut Ali, untuk mewujudkan Tidore sebagai kota rempah-rempah, Pemerintah Kota Tidore saat ini telah ikut menjadi anggota Jaringan Global Kota Magellan yaitu organisasi jaringan kota-kota dunia yang terhubung dengan sejarah Ekspedisi Magellan dalam perjalanan keliling dunia pada abad 16. Pemerintah Kota Tidore bahkan telah mengusulan pengakuan Tidore sebagai kota rempah pada pertemuan Jaringan Global Kota Magellan tahun 2017.

“Tapi dukungan Pemerintah Pusat tetap penting buat Tidore, kami berharap mereka bisa ikut mendorong usulan ini ke tingkat dunia dan menjadikan momentum tersebut untuk percepatan pembangunan Tidore dalam bidang sejarah, budaya, pariwisata, dan infrastruktur,”ujar Ali.

Husain Sjah, Sultan Tidore mengungkapkan usulan Tidore menjadi kota rempah-rempah merupakan usulan yang pantas dan perlu didukung Pemerintah Pusat mengingat pulau Tidore mempunyai sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia dan bahkan dunia.

“Sudah sepatutnya Tidore mendapatkan perhatian lebih serius dari Pemerintah. Saya sangat mendukung Tidore bisa menjadi kota rempah-rempah dan itu sangat layak,”kata Husain.

Penulis : Budi Nurgianto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed